TF Churchy - шаблон joomla Книги
Info Penting : ..:: Selamat Datang Tim Visitasi Akdreditasi Institusi di Kampus IAIN Bukittinggi | Mari Kita Sukseskan Acara Visitasi Kampus IAIN Bukittinggi Semoga mendapatkan Hasil yang terbaik | Pengumuman Pembayaran Uang Kuliah Semeste Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 [Lihat..]| Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa dan dosen IAIN Bukittinggi bahwa sistem akademik kampus kita beralih dari SIMPATI menjadi E-CAMPUS [Lihat..] |

Rekap Kegiatan FUAD 2017

Written by Rahima Sikumbang on . Posted in Berita

REKAP LAPORAN KULIAH TAMU FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH(FUAD), INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BUKITTINGGI

Fakultas Ushuluddin dalam menjalankan perannya sebagai fakultas dalam bidang akademik khusus untuk memasyarakatkan meng Islamkan ummat Islam, dan menyebarkan dakwah Islamiyyahnya, maka perlu adanya kerja nyata yang dapat dirasakan hasilnya langsung oleh keluarga IAIN Bukittinggi itu sendiri secara khusus, dan masyarakat Bukittinggi secara umum.

Pada kegiatan di tahun 2017, telah dilaksanakan beberapa kegiatan dakwah baik menunjang pembelajaran di kampus ataupun menunjang tersebarnya masyarakat Islam yang madani. Dan ini telah dilakukan oleh masing masing jurusan. Baik itu berupa Worshop maupun Kegiatan Kuliah Tamu.

  1. Laporan Workshop dan Kuliah tamu Ilmu AlQuran dan Tafsir
  2. Kegiatan Workshop Tahfidzul Quran yang diadakan di Kampus IAIN Bukittinggi, pada hari Sabtu dan Minggu(8-9) April 2017, sebagai nara sumbernya adalah Bapak Ustadz Idris Al Hafidz, dan Bapak Beni Firdaus. Dengan dihadiri oleh peserta dari mahasiswa Jurusan Ilmu AlQuran dan Tafsir semester IV ditambah dengan mahasiswa semester II dengan jumlah 30 orang mahasiswa.
  3. Kuliah tamu Jurusan  IAT dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 10 Mei 2017 di Aula Dekanat kampus II IAIN Bukittinggi. Adapun yang dibahas dalam kuliah tamu ini adalah tentang study kitab kitab Tafsir, baik study kitab tafsir klasik, maupun study kitab Tafsir modern.

Peserta Kuliah tamuini adalah semua mahasiswa jurusan Ilmu  dan AlQuran dan Tafsir pada semester II dan IV berjmlah 42 orang.

Maksud dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk memberikan pengetahuan teoritis tentang kitab kitab tafsir mulai dari zaman klasik sampai modern, untuk mempersiapkan mahasiswa jurusan tafsir ini menjadi mufassir pemula dimasa depan..

Adapun yang menjadi nara sumber pada kegiatan ini adalah pakar Ilmu AlQuran dan Tafsir. Dr. Afrizal Nur M.A.

  1. Laporan Kegiatan Kuliah Tamu Ilmu Hadist
  2. Kuliah Tamu Jurusan Ilmu Hadist, dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 15 Maret 2017 di Gedung L lantai 1 IAIN Bukittinggi. Mata kuliah yang dibahas pada kuliah tamu ini adalah Takhrij Hadist. Peserta kuliah tamu ini adalah semua mahasiswa semester II dan IV berjumlah 19 orang. Tujuan dari dilaksanakannya kuliah tamu ini bagi mahasiswa tersebut adalah untuk menambah wawasan  tentang teori dasar Takhrij Hadits dan praktek takhrij hadist.

Sebagai nara sumber kuliah tamu ini adalah seorang dosen pakar hadist, dan beliau adalah dosen Jurusan Tafsir Hadist  IAIN Imam Bonjol Padang yaitu Dr. Novizal Wendri, MA.

  1. Laporan Kuliah Tamu Jurusan Filsafat Agama.(FA).
  2. Kuliah Tamu Jurusan Filsafat Agama dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 29 Maret 2017 di Gedung L lantai I IAIN Bukittinggi. Mata kuliah yang dibahas pada kuliah tamu ini adalah Ilmu Kalam dan Orientalisme. Peserta kuliah Tamu ini adalah semua mahasiswa semester II dan IV berjumlah 41 orang. Tujuan kegiatan kuliah tamu membahas masalah ini adalah agar mahasiswa  memiliki pemahaman dan kemampuan dalam persoalan persoalan ilmu kalam dan bisa merealisasikannya dalam konteks kekinian serta dapat menyikapi dan mempertahankan kalau nilai nilai Islam itu selalu eksis.

Dosen tamu dalam kegiatan ini adalah pakar dalam ilmu kalam dan orientalisme yang berasal dari UIN Suska yaitu Bapak Saidul Amin M.Ag.

  1. Workshop Dialog Lintas Agama.

Workshop kali ini dengan mengambil tema:”Dengan Dialog Lintas Agama Kita Tingkatkan Toleransi Antar Umat Beragama.”

Nara Sumber pada kegiatan workshop ini adalah: Dr. Gazali M.Ag. dan Nelmaya. M.Ag.

Peserta Workshop ini adalah mahasiswa Jurusan Filsafat Agama semester II dan IV Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah IAIN Bukittinggi yang berjumlah 42 orang.

Waktu dan Tempat pelaksanaannya  diadakan pada tanggal 13 sd 14 Mei 2017, bertempat diruang dekanat Lantai III Kampus II IAIN Bukittinggi. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk dapat memberikan pengetahuan teoritis dan praktis tentang eksistensi agama agama kepada mahasiswa Jurusan Filsafat Agama yang dipersiapkan untuk menjadi ahli agama handal dimasa depan.

  1. Laporan Kuliah Tamu Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).
  2.   Kuliah tamu Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 22 Maret 2017 di dekanat Lantai 3 kampus II IAIN Bukittinggi. Mata kuliah yang dibahas pada kuliah tamu ini adalah Orientasi Kamera. Peserta kuliah tamu ini adalah  semua mahasiswa semester II dan IV berjumlah 76 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan memberikan pengetahuan dasar teknik kamera.

Dosen tamu dalam kegiatan ini adalah pakar tentang videografi, perfileman dan dosen jurusan Televisi dan FLM ISI Padang Panjang yaitu Bapak Choiru Pradhono, S.Sn.Sn

  1. Laporan kuliah tamu Jurusan Sejarah Peradaban Islam
  2. Kuliah tamu I Jurusan Sejarah Peradaban Islam dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 15 Maret 2017 di Gedung Dekanat lantai 3 IAIN Bukittinggi. Mata kuliah yang dibahas pada kuliah tamu ini adalah SKI di Asia Tenggara (Sejarah Perkembangan Islam di Rohingya). Peserta kuliah tamu ini adalah semua mahasiswa semester II dan IV berjumlah 46 orang.

Maksud dilaksanakan kegiatan kuliah tamu I SKI di Asia Tenggara ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada civitas akademika jurusan Sejarah Peradaban Islam tentang SKI dikawasan Asia Tenggara. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki paradigma, pengetahuan dan wawasan, serta dapat bersikap yang tepat dan objektif dalam menghadapi fenomena fenomena kehidupan ummat Islam.

Dosen tamu yang menjadi nara sumber adalah pakar dan dosen  SKI di Asia Tenggara yakni Prof. Dr. Syaifullah.

  1. Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah Jurusan Sejarah Peradaban Islam dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 22 -23 April 2017 di Gedung Dekanat lantai 3 IAIN Bukittinggi. Yang  dibahas pada Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini adalah dasar dasar penelitian dalam sejarah. Peserta Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini adalah semua mahasiswa semester II & IV   berjumlah 32

Maksud melaksanakan kegiatan Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah

Melalui  Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah dapat meningkatan wawasan mahasiswa tentang dasar-dasar penelitian dalam sejarah

Melalui Workshop Penelitian Karya Tulis Ilmiah mahasiswa dapat mengembangan keilmuan dasar-dasar penelitian dalam sejarah dan mengaplikasikannya dilapangan

Adapun yang dibahas dalam workshop penulisan karya ilmiah ini adalah: Bencana alam dan penanggulangannya, penulisan karya ilmiah tentang penanggulangan bencana, sosiologi bencana.

Peserta worshop ini adalah perwakilan dari  mahasiswa jurusan sosiologi agama. Semester II dan IV berjumlah 30 orang.

Tujuan workshop ini adalah untuk menambah wawasan dan keilmuwan mahasiswa jurusan sosiologi, dan dapat menulis karya ilmiah masalah masalah sosiologi.

Dan yang menjadi nara sumber dalam kegiatan worshop ini adalah : Dr. Silfia Hanani, S.Ag. M. Si, Ph,D. Dr. Syafwan Rozi M. Ag. Bambang Warsito. M.Si

  1.   Kegiatan Kuliah Tamu Jurusan Sosiologi Agama FUAD dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada hari Rabu 3 Mei 2017 yang diikuti oleh sebanyak 90 orang mahasiswa, Kegiatan ini dilaksanakan  di Aula Rektorat Lama Lantai III Kampus II IAIN Bukittinggi.  Adapn tujuan dilaksanakan kegiatan ini  adalah : Memberikan wawasan kepada mahasiswa jurusan Sosiologi Agama sehingga termotivasi dalam belajar dan mendalami tentang pengetahuan teori teori Sosiologi.

Dan yang menjadi nara sumber pada kegiatan ini adalah  Pakar Sosiologi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau Prof. Dr. Kurnia Ilahi, M.Si.

Selain dari kegiatan Kuliah Tamu, workshop Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah juga telah melaksanakan kegiatan yang cukup memegang peranan penting dalam meningkatkan system dan kemajuan perkuliahan dimasa yang akan dating, yakni  Kegiatan Worshop Penyusunan RPS Berbasis KKNI.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Juli 2017 bertempat di Hotel Basko Padang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masing masing setiap jurusan dapat merumuskan profil masing masing jurusan, baik kurikulum, RPS, SAP, berstandar KKNI, sehingga tercipta nya proses belajar mengajar sesuai dengan standar KKNI..

Adapun yang menjadi Nara Sumber pada kegiatan ini adalah:

Peserta wokshop ini terdiri dari dosen dosen yang bertugas sebagai dosen tetap dan dosen luar biasa di Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah IAIN Bukittinggi yang berjumlah 26 orang, dan tenaga Kependidikan berjumlah 4 orang. Total  keseluruhan dari peserta workshop ini berjumlah 30 orang.

Contact Info

Sekretariat :
Gedung B Lt. 1 - Kampus  II IAIN Bukittinggi
Jl. Gurun Aur Kubang Putih - Kab.Agam
Telp.  (0752) 22875 - Fax. (0752) 22875

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

IAIN Bukittinggi

Icon