TF Churchy - шаблон joomla Книги
Info Penting : ..:: Selamat Datang Tim Visitasi Akdreditasi Institusi di Kampus IAIN Bukittinggi | Mari Kita Sukseskan Acara Visitasi Kampus IAIN Bukittinggi Semoga mendapatkan Hasil yang terbaik | Pengumuman Pembayaran Uang Kuliah Semeste Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 [Lihat..]| Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa dan dosen IAIN Bukittinggi bahwa sistem akademik kampus kita beralih dari SIMPATI menjadi E-CAMPUS [Lihat..] |

RAPAT DOSEN PERSIAPAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Written by Rahima Sikumbang on . Posted in Berita

Sehubungan akan dimulainya perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), IAIN Bukittinggi, 28 Agustus 2017, maka FUAD mengadakan rapat dosen pada hari Selasa, 15 Agustus 2017, yang dihadiri oleh : Warek II  Bapak Novi Hendri, M.Ag, Dekan FUAD, Bapak Dr. Gazali. M.Ag,  Wakil Dekan I,  Bapak Dr. H. Darul Ilmi M.Pd. Hadir juga Kabag TU, Ibu Hj. Nurleli. M.Kom, Kasubag Akademik, Ketua Prodi, beserta para Staf Akademik, dosen Tetap PNS, dosen tetap Non PNS (DTNP), Dosen Luar Biasa (DLB).

Alhamdulillah, FUAD yang merupakan anak bungsu dari IAIN Bukittinggi, melihat umurnya belum cukup 3 tahun, jumlah mahasiswanyapun paling sedikit, dibandingkan dengan FTIK, FEBI, dan FSYAR, namun, tiap tahun jumlah peminatnya semakin bertambah. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) ini, yang merupakan jantung, atau urat nadinya IAIN, seperti kata Wadek I, Bapak Dr. H. Darul Ilmi, M.Pd  “Seharusnya lebih mengutamakan/kemajuan IAIN itu sendiri dengan  lebih mengutamakan  AlQuran, Hadits sebagai pusat peradaban Islam itu sendiri. Kemajuan Islam di Indonesia, terletak di tangan kita, Fakultas ke Islaman”.

Sementara itu, Warek II, Bapak Novi Hendri, M.Ag  mengatakan “Bahwa kedepannya IAIN, seluruh prodi/para dosen haruslah memanfaatkan fasilitas  e-campus. Apapun persoalannya, termasuk karya-karya dosen, reposition, sesuai dengan visi dan misi, untuk menjalankan administrasi secara elektronik.

Selain itu, kinerja dosen ditingkatkan, karena kedepannya aturan terhadap Dosen justru semakin memberatkan dosen. Namanya aturan, memang untuk memberatkan. Dosen kedepannya dirancangkan haruslah menuliskan agenda kegiatan dosen diluar jam mengajar sebagai laporan terhadap jam kerja ASN. 1 (satu)  minggunya 37 jam. Meskipun tidak mengajar, para dosen diwajibkan mengisi lembaran kerja, apabila berada diluar kampus.

Apabila meneliti mana bukti penelitiannya, pengabdian terhadap masyarakat mana buktinya, mana rekomendasinya, begitulah seterusnya.

Dalam hal penelitian pun, tahun-tahun sebelumnya penelitian dosen cukup diatur dan ditetapkan oleh LP2M Kampus IAIN, kedepannya, dimulai 2017 proses pengawasan, serta ketetapan, langsung ditangani oleh Kementrian Agama Pusat, meskipun dana ada di IAIN, namun ketetapan tetap berada dibawah pengawasan Kemenag Pusat.

Menurut Warek II, hal ini ada positive nya juga, yakni dengan adanya aturan ini  para dosenpun harus lah meningkatkan kemampuannya dalam hal penelitian.

Tak lupa juga dalam acara agenda rapat tersebut, Bapak  Dekan menyampaikan,  bahwa meskipun FUAD anak bungsu dari IAIN Bukittinggi, namun jebolan FUAD memiliki/menduduki jabatan atau peranan penting di IAIN. Dalam kaitan ini, Rektor IAIN Bukittinggi, Ibu Dr. Ridha Ahida, M.Hum, merupakan jebolan dari Fakultas Adab dan Dakwah IAIN, begitu juga dengan Warek II, Bapak Novi Hendri, M.Ag, serta Dekan Fakultas juga merupakan jebolan dari fakultas Ushuluddin dan Dakwah prodi Filsafat. Sedikit, namun bermutu.

Dalam rapat yang telah diagendakan tersebut, menghasilkan beberapa point penting untuk kelancaran dan kemajuan FUAD kedepannya. Hasil rapat tersebut antara lain:

Total jumlah keseluruhan mahasiswa IAIN Bukittinggi pada tahun 2017 sekitar 9.000 orang, yang terdiri dari 7.620 orang mahasiswa lama dan 2.259 orang mahasiswa baru, dan untuk mahasiswa FUAD berjumlah 601 orang.

Dari 601 mahasiswa FUAD di atas, maka jurusan Sosiologi Agama menduduki peringkat rangking tertinggi. Hampir setengah mahasiswa FUAD berasal dari prodi Sosiologi Agama. Dan yang paling sedikit peminatnya adalah prodi/jurusan Al-Quran Tafsir dan Ilmu Hadits.

Rincian jumlah data mahasiswa FUAD Tahun Akademik 2017/2018 sebagai berikut:

  1. Mahasiswa jurusan Al-Quran dan Tafsir (IAT) 85 orang.
  2. Mahasiswa jurusan Ilmu Hadis (ILHA) 40 orang
  3. Filsafat Agama (FA) 71 orang
  4. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 143 orang
  5. Sejarah dan Peradaban Islam (SPI) 85 orang
  6. Sosiologi Agama ( SA) 177 orang

Mahasiswa baru, Tahun Akademik 2017/2018 rincian sebagai berikut:

  1. Al-Quran Tafsir (31)
  2. Ilmu Hadits (16)
  3. Filsafat Agama (29)
  4. Komunikasi dan Penyiaran Islam (57)
  5. Sejarah  Peradaban Islam (30)
  6. Sosiologi (60).
  1. Peningkatan Disiplin Kerja
  2. Pengayaan Koleksi Perpustakaan dan buku Referensi bagi dosen
  3. Permen dari Jurusan menjadi Prodi
  4. Pengabdian Masyarakat harus ada rekomendasi dari Dekan
  5. Kebijakan baru penelitian di handle oleh Kemenag Pusat
  6. Setiap dosen meng Optimalkan pemanfaaan e-campus, baik RPS, aktivitas mengajar dan lain lainnya
  7. Penyeragaman RPS
  8. RPS di input sebelum perkuliahan dan hard copy diserahkan ke prodi masing masing diawal perkuliahan
  9. Masing masing jurusan mempersiapkan/mensosialisasikan mahasiswa terhadap program tahfidz, hafal AlQuran 2 Juz, dan Juz yang wajib adalah Juz Amma(Juz ke 30), serta Ayat ayat/hadits hadits yang berkaitan dengan topic prodi masing masing. Sehingga sebelum kompre, mahasiswa sudah hafal 2 Juz.
  10. Untuk dosen yang mengajar di jam pertama kedua ketiga, meminta mahasiswa siswinya membaca AlQuran, paling tidak 10 menit.

Contact Info

Sekretariat :
Gedung B Lt. 1 - Kampus  II IAIN Bukittinggi
Jl. Gurun Aur Kubang Putih - Kab.Agam
Telp.  (0752) 22875 - Fax. (0752) 22875

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

IAIN Bukittinggi

Icon