FUAD IAIN BUKITTINGGI, Magister AFI – Cita-cita akreditasi unggul menjadi impian yang terukur dari Prodi S2 AFI IAIN Bukittinggi. Atas dasar itu Tim akreditasi Prodi S2 AFI adakan simulasi akreditasi di ruang rapat dosen FUAD IAIN Bukittinggi, Jumat (10/06/22). 

Persiapan menghadapai visitasi akreditasi Prodi S2 AFI IAIN Bukittinggi, Tim Akreditasi S2 AFI dengan didampingi Tim LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) melakukan simulasi akreditasi di ruang rapat dosen FUAD IAIN Bukittinggi. Kegiatan simulasi dilaksanakan mulai jam 8 pagi dan selesai jam 4 sore.

Simulasi akreditasi dihadiri unsur pimpinan FUAD antara lain Dr. Nunu Burhanuddin, Lc, M. Ag (Dekan), Dr. Junaidi, M. Pd (Wadek I), Dr. Darul Ilmi, M. Pd (Wadek II), Ratnawilis, SE, MM (Kabag). Sedangkan tim LPM hadir Dr. Linda Yarni, M. Ag selaku Ketua, didampingi Dr. Nurlizam, M. Ag dan Fajriyani Arsya, M. A sebagai Sekretaris dan Kapus Audit.

Kegiatan simulasi dimulai dengan pengecekan kelengkapan data dukung, seperti kelengkapan dokumen Visi dan Misi, Tata Pamong, serta Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Luaran dan Capaian Tridharma. 

Kemudian, masuk simulasi penilaian borang akdretasi yang telah dipersiapkan Tim Borang S2 AFI. Tim LPM memberikan penilaian dalam simulasi dan memberikan beberapa masukan serta saran untuk perbaikan borang, agar lebih siap saat menghadapai tim asesor visitasi akreditasi. 

Ketua LPM, Dr. Linda Yarni, M. Ag menyampaikan hasil simulasi akreditasi secara keseluruhan kesiapan Borang S2 AFI sudah mengalami kemajuan dalam hal kelengkapan data dukung. Namun ada beberapa data yang masih perlu dilengkapi untuk perbaikan data, agar semua data bisa sempurna dalam menghadapi tim asesor visitasi nanti

“Setelah kami lakukan pengecekan data, ternyata Tim Prodi S2 AFI sudah melakukan perbaikan data yang signifikan, hanya ada beberapa data dukung yang perlu dilengkapi dan disempurnakan, sehingga nanti mendapat nilai akreditasi seperti yang kita inginkan,” Ucap Lindayarni.

Di pihak FUAD IAIN Bukittinggi, seperti disampaikan Dekan Dr. Nunu Burhanuddin, Lc, M. Ag bahwa pihak fakultas selama ini telah berjuang dengan maksimal dalam menyukseskan Borang Akreditasi S2 AFI sehingga hari ini banyak kemajuan perbaikan data yang diperlukan dalam akreditasi.

“Alhamdulillah ya, hari ini kita merasa lega karena berkat kerjasama tim fakultas dan prodi selama ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan, terbukti dari temuan Tim LPM bahwa data-data pendukung borang semakin lengkap dari yang sebelumnya,” Ungkap Nunu.

Tim borang yang diwakili Dr. Zulfan Taufik, MA. Hum sekaligus Kaprodi S2 AFI mengungkapkan tentang persiapan borang akreditasi, bahwa selama ini tim terus melengkapi data yang kurang. Kemudian menyampaikan terimakasih kepada Tim LPM telah mendampingi secara profesional sehingga Tim Borang S2 AFI bisa memahami kekurangan data yang perlu dilengkapi.

“Hari ini kita sudah mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari sebelumnya berkat kerjasama tim dan pimpinan di lingkungan FUAD, kemudian kami sangat berterima kasih kepada Tim LPM karena telah mebersamai kami dalam melakukan pengecekan data kelengkapan borang, dan alhamdulillah dengan ketelitian dan kejelian Tim LPM kami bisa memahami dimana saja kekurangan data yang insyaallah akan segera kami lengkapi,” pungkas Zulfan.

Asesmen lapangan dari BAN-PT untuk Akreditasi Borang Prodi S2 AFI FUAD IAIN Bukittinggi diestimasikan akan dilakukan tahun 2022 ini. (MF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *