Sekapur Sirih

Alhamdulillahirabbilalamin PERPRESS NO 181 Tahhun 2014 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bukittinggi menjadi Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi telah melapangkan jalan bagi dibukannya Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) di IAIN Bukittinggi. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah menjadi bagian penting dari tiga fakultas yang sudah eksis sebelumnya, yaitu, Syari’ah, Tarbiyah dan ilmu keguruan dan Ekonomi dan Bisnis Islam. Dengan adanya FUAD, dapat menjawab kebutuhan umat, terutama yang masih dalam usia sekolah tingkat perguruan tinggi, untuk mendalami keilmuan dasar Islam, seperti al-Qur’an, Hadis, Sejarah Islam dan Dakwah.

Sejalan dengan Perpres, Kemeterian agama menindaklanjuti dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 546 tahun 2015 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Program sarjana Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi tahun 2015, dengan memberikan mandat kepada FUAD untuk menyelenggarakan beberapa Jurusan di FUAD, diantaranya adalah, Ilmu Hadis, Aqidah dan Filsafat Islam, Sosiologi Agama, dan Sejarah Peradaban Islam. Sedangkan Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir merupakan jurusan yang sudah mengalami proses konvensional dalam pengadaannya. Dengan enam jurusan ini, untuk sementara FUAD menjadi representatif bagi pusat pengkajian Islam di wilayah Sumatera Tengah.

Kesiapan FUAD melaksanakan proses pembelajaran di tahun pelajaran 2015-2016 didukung oleh tenaga dosen yang ahli di bidangnya. Di antaranya Prof. Dr. H. A. Rahman Ritonga, untuk bidang kajian al-Qur’an dan Hadist, Dr. Ridha Ahida, Dr. Gazali, M.A., Dr. H. Nunu Burhanuddin, M.Ag., Dr. Syafwan Rozy, MA., dan Drs. Miswar Munir di bidang kajian Filsafat dan sejarah Kebudayaan Islam, Novi Hendri, M.Ag., Dr.Darul Ilmi M.Ag, silvia Hanani, S.Sos, M.Si, Ph.D, Afrinaldi, S.Ag, Msi, dan Hardi Putra Wirman, SIP, M,Hum., untuk bidang kajian Dakwah dan Sosiologi.

Disamping dosen dengan latar belakang kelimuan yang mendukung bagi proses pembelajaran, FUAD telah melengkapi perpustakaan dengan buku-buku terbitan dalam dan luar negeri yang akan memberikan darah segar bagi keilmuan mahasiswa yang mendalami kajian keislaman ini. Perpustakaan yang telah dilengkapi dengan Teknologi Informasi akan menjadikan mahasiswa IAIN Bukittinggi umumnya dan FUAD khususnya, nyaman dan modern dalam menuntut ilmu.

Gedung perkuliahan yang memadai, didukung dengan media pembelajaran terkini akan mempercepat proses pembelajaran ke arah yang lebih baik dan mudah. Letak geografis yang strategis di kota Bukittinggi, dapat ditempuh dengan transportasi umum yang lancar dan nyaman.

Dengan sumber daya manusia yang handal, sarana prasarana yang mendukung lengkap dengan system teknologi Informasi terkini, FUAD siap menjadi labor bagi persoalan keagamaan, masyarakat dan ketatanegaraan. Munculnya paham-paham keagamaan baru, dan intervensi paham keagamaan tradisional yang tidak cocok dengan karakter dan kepribadian umat Islam Indonesia menjadi perhatian utama FUAD dalam menetapkan nilai-nilai dasar keilmuan dalam pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi yang hampir mustahil untuk dibendung perlu pengalihan arus ke arah yang positive. Permasalahan politik nasional, partai politik, prilaku elit dan pendidikan politik bagi masyarakat awam akan menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, yaitu “pengabdian masyarakat”.

Diawali dengan “bismillahirrahmanirrahim”, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah bersama-sama ulama, cerdik pandai, civitas akademik IAIN Bukittinggi, masyarakat, stake holder, akan mendalami ilmu, mengamalkan dan menebarkan ihsan.

Kubang Putih, 03 Juni 2019

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi,

Ttd.

Dr. H. Nunu Burhanuddin, Lc, M.Ag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *