S2 Aqidah dan Filsafat Islam bahas Politik Identitas dan Tantangan Keragaman Indonesia

S2 Aqidah dan Filsafat Islam, FUAD IAIN Bukittinggi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dawah (FUAD) IAIN Bukittinggi adakan Studium Generale dengan tema Politik Identitas dan Tantangan Keragaman Indonesia. Pematerinya yaitu Dr. Zainal Abidin Bagir dari Universitas Gadjah Mada dan Indonesian Consortium for Religious Studies

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dawah (FUAD) IAIN Bukittinggi Dr. Nunu Burhanuddin dalam pembukaan mengatakan bahwa ini tema yang menarik. Karena politik identitas saat ini serbagai alat politik oleh sebagian kelompok etnis, untuk mencapai tujuan.
Ia juga menambahkan Politik identitas di era pormodernis me ada satu kegagapan menghadapi masyarakat yang majemuk. padahal pluralisme adalah fitrah.

Dr Zainal Abidin Bagir dalam materinya menjelaskan politik Identitas adalah Politik yang tidak selalu didasarkan pada suatu program atau ideologi tertentu, tapi berdasarkan identitas kelompok Gender, ras, etnisitas dan agama.

ia menuturkan Masalah keragaman (pluralitas) beragam identitas di ruang publik ekspresi identitas (etnis, agama, bahasa, gender) dan ruang publik. Akibat dari itu koeksistensi; atau perselisihan, bahkan kekerasan, atas alasan identitas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *