Mencari Titik-Temu Agama-agama : Studium Generale AFI

Program Studi S1 Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) FUAD IAIN Bukittinggi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dawah (FUAD) IAIN Bukittinggi adakan Studium Generale dengan tema, “Mencari Titik-Temu Agama-agama: Perspektif Filsafat Perenial” pada jum’at, 9 Aprol 2021. Pematerinya yaitu Budhy Munawar-Rachman. Acara sekaligus FUAD IAIN Bukittinggi jalin kerjasama dengan Lembaga Studi Agama da Filsafat (LSAF)
Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dawah (FUAD) IAIN Bukittinggi Dr. Nunu Burhanuddin dalam pembukaan mengatakan bahwa materi ini dapat mencerahkan mahasiswa terkait tentang pemaham titik temu agama. Ini konsep yang dulu digaungkan Cak Nur dengan kalimatun Sawa’. Kebanyakan dari orang mencari perbedaan, padahal sesusungguhnya yang paling penting mencari titit temu, dengan itu bisa menimbulkan¬† keamanan.
Pemateri kegiatan ini yaitu Budhy Munawar Rachman adalah Dr. Budhy Munawar-Rachman (Lembaga Studi Agama dan Filsafat – Dosen STF Driyarkara Jakarta).
Ia Mejelaskan bahwa Kalimatun sawa’ itu terdapat di dalam al-Quran. sehingga ada titik temu pada agama-agama. Pada kegiatan ini ia menjelaskan adakan kesamaan-kesamaan pada agama-agama.
Ketua Prodi Aqidah Filsafat Dr. Zulfan Taufik menjelaskan bahwa saat ini prodi fokusnya saat ini mengarah kepada moderasi agama dan isu religius studies pada umumnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *