FUAD IAIN Bukittinggi bersama 3 Lembaga adakan Lokalatih Penguatan Kapasitas Pemuda Lintas Agama

PUSAD Paramadina, FUAD IAIN Bukittinggi, FKUB Kota Bukittinggi, Diskominfo Kota Bukittinggi adakan Lokalatih Penguatan Kapasitas Pemuda Lintas Agama: Merespons Narasi Negatif dan Memperkuat Kohesi Sosial di Masa Pandemi pada Senin dan Selasa, 30-31 Agustus 2021.

Dr. Nunu Burhanuddin, Lc., M.Ag Dekan FUAD IAIN Bukittinggi mengapresiasi kegiatan ini dengan mensupporor kegiatan ini. “Tokoh agama dan anak muda adalah salah satu aktor penting dalam menangani dampak sosial COVID-19. Sejak awal virus ini berkembang, salah satu klaster penyebaran virus ini adalah rumah ibadah. Setelah kebijakan pemerintah longgar, protokol rumah ibadah juga seolah-olah ikut longgar. Potensi virus menyebar melalui rumah ibadah maupun kegiatan keagamaan kembali terbuka lebar mengingat kita telah memasuki bulan Ramadhan dan hari raya besar keagamaan semakin dekat.  “

Pemuka dan anak muda lintas agama yang memiliki pemahaman mengenai apa itu narasi negatif amat diperlukan untuk menjaga kewarasan di tengah pandemi. Setelah memahami, mereka juga perlu memiliki kemampuan memproduksi cerita atau narasi positif yang dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk tetap mempertahankan kohesi sosial. Berdasarkan narasi tersebut, para pemuka lintas agama tersebut diharapkan dapat bekerja sama menyebarkan dan menjadikan narasi positif tersebut sebagai arus utama di masyarakat.

Lokalatih ini bertujuan untuk: Memperkuat kapasitas anak muda lintas agama dalam memahami dan memproduksi narasi positif untuk merespons dampak negatif COVID-19 terhadap kohesi sosial di Indonesia dan Anak muda lintas agama memiliki keterampilan dan amunisi untuk membalikkan narasi negatif ke narasi positif terkait dampak COVID-19 terhadap kohesi sosial di komunitasnya.

Peserta terdiri dari mahasiswa IAIN Bukittinggi, perwakilan Pemuda Lintas Agama, penyuluh agama, dan humas Kemenag dan Diskominfo Kota Bukittinggi. Narasumber dan Fasilitator Lokalatih ini akan mengundang narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi dalam bidang binadamai, resolusi konflik, dan ujaran kebencian yang telah berpengalaman, selain narasumber lokal. Seluruh lokalatih ini akan difasilitasi oleh fasilitator terlatih dari PUSAD Paramadina dan FKUB Kota Bukittinggi, dan pengajar IAIN Bukittinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *